5 Perbedaan Akuntansi dan Pembukuan serta Jenis-jenis Perusahaan

Bookkeeping Photo from Pexels by Karolina Grabowska


Perbedaan Akuntansi dan Pembukuan

Banyak yang mengatakan akuntansi dan pembukuan memiliki kesamaan. Kesamaan ini lantaran aktivitas catat-mencatat yang memiliki unsur kemiripan yang pada hakikatnya adalah mencatat keuangan tertentu. Namun sebenarnya akuntansi dan pembukuan adalah dua hal yang berbeda. Berikut ini adalah perbedaanya:

Perbedaan

Akuntansi

Pembukuan

Definisi

Penjabaran data-data transaksi keuangan

Pengorganisasian, penggolongan, dan pelaporan aktivitas akuntansi seperti laba rugi, arus kas, neraca, dan sebagainya.

Output

Laporan Keuangan

Dokumentasi

Profesi

Akuntan

Book-keeper

Pihak yang membutuhkan

Pihak eksternal dan internal perusahaan

Kalangan internal saja

Pengambilan keputusan

Digunakan untuk pengambilan keputusan

Belum tentu atau bahkan tidak dijadikan pengambilan keputusan

 

Definisi Perusahaan

Perusahaan adalah orang atau sekumpulan orang yang memliki aktivitas bisnis tertentu baik dalam skala kecil maupun besar. Tujuan didirikan perusahaan yaitu untuk mendapat keuntungan yang maksimaal. Untuk itu, perusahaan dalam proses bisnisnya menghasilkan suatu produk baik berupa barang maupun jasa.


Jenis Perusahaan

  1. Perusahaan Jasa, merupakan perusahaan yang menghasilkan produk tidak berupa fisik melainkan berupa buah dari keahlian dan keterampilan pada bidang tertentu. Contohnya Garuda Indonesia bergerak di industri transportasi udara, laundry, barber shop, kantor akuntan, bioskop, biro wisata, dan sebagainya;
  2. Perusahaan Dagang, merupakan perusahaan yang produknya berupa barang jadi yang siap dijual. Perusahaan ini tidak memproduksi, melainkan mendapat pasokan barang dari pemasok. Contohnya adalah indomaret, carrefour, matahari, distributor elektronik, dan sebagainya;
  3. Perusahaan Manufaktur, adalah perusahaan yang mengolah bahan baku menjadi barang jadi. Bahan baku yang diolah menggunakan mesin dan dibantu dengan tenaga manusia. Perusahaan ini biasa disebut dengan produsen. Contoh perusahaan manufaktuf adalah wings food, unilever, coca-cola, nike, honda, dan sebagainya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jawaban Pembahasan Praktikum Pemotongan & Pemungutan PPh R.Weddie Andriyanto & Damayanto Hal 48-52

Jawaban Pembahasan Praktikum PPh Pemotongan dan Pemungutan R.Weddie Andriyanto & Damayanti hal 52-82